Lawan Pandemi Covid-19 dengan Semangat Solidaritas

| Senin, 28/09/2020 13:08 WIB
Lawan Pandemi Covid-19 dengan Semangat Solidaritas Herman Habibullah, Sekretaris Fraksi PKB DPRD Sumedang memberikan bantuan kepada salah satu warga yang terpapar covid19 (foto: istimewa)

SUMEDANG, RADARBANGSA.COM - Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang cukup memprihatinkan, hal ini ditandai dengan adanya kasus penemuan warga yang terpapar semakin hari grafiknya terus menaik.

Herman Habibullah, Sekretaris Fraksi PKB DPRD Sumedang mengunjungi keluarga EW karyawan RS Al Islam warga Desa Cileles Jatinangor, Jumat 25 September 2020 lalu. Menurut informasi dari Ketua RW setempat kedatangan pihak RS Al Islam menyampaikan hasil tes swab bahwa EW dinyatakan positif.

Informasi tersebut diperkuat oleh tim kesehatan Drg. Amie Fitriah, M.Hkes (Kepala Puskesmas Rawat Inap, Jatinangor) yang menyampaikan Hasil pemantauan terhadap 5 orang yang kontak erat terhadap kasus konfirmasi positif di desa Cileles.

Dan untuk membantu menegakkan diagnosa, Puskesmas juga telah melakukan tes swab terhadap kontak erat pada tanggal 21 September 2020. Prinsip dasar penanggulangan covid bertumpu pada penemuan kasus (suspek) dengan melakukan upaya tracing dan isolasi.

"Puskesmas Jatinangor selalu melakukan proses tracing/pelacakan terhadap kontak erat dengan pasien konfirmasi positif. Termasuk pada kasus konfirmasi positif di desa Cileles," kata Drg. Amie Fitriah.

Dalam kunjungannya, Herman Anggota DPRD Dapil 5 yang juga asli warga Desa Cileles menyampaikan rasa simpati terhadap keluarga dan memberikan sembako untuk membantu meringankan beban keluarga selama masa isolasi mandiri.

Herman menegaskan bahwa Covid 19 bukan aib sehingga keluarga jangan merasa malu dan atau terpencil, ini musibah dunia bukan hanya keluarga mamang ungkapnya memberikan motivasi ke suami pasien di rumahnya.

"Mari patuhi protokol kesehatan serta banyak berdoa kepada Allah SWT. Tidak ada satupun yang berdaya melawan pandemi covid 19 kecuali dengan kekuatan solidaritas diantara kita semua bahu membahu melawan/memutus mata rantai penyebarannya, dengan cara ikhtiar lahir disiplin menerapkan prokes sehari-sehari, dan ihktiar batin dengan berdoa memperbanyak sholawat thibbil qulub salah satunya. Semoga pasien segera disembuhkan dan kita semua senantiasa dilindungi dari wabah Covid 19 ini," kata Herman.

Herman juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua RW setempat, Plt Desa Cileles Dadang Sobirin, Anggota BPD Mirhan Nurdin, Sekcam Jatinanagor Yuli dan petugas kesehatan dari PKM Jatinangor yang ikut mendampingi kunjungannya.

Tags : Virus Corona , Covid19 , Gugus Tugas

Berita Terkait