Kemendag Dorong Sinergi UMKM Manado Tingkatkan Ekspor

| Senin, 05/10/2020 22:53 WIB
Kemendag Dorong Sinergi UMKM Manado Tingkatkan Ekspor Wamendag Jerry Sambuaga (foto: Humas Kemendag)

MANADO, RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkomitmen menjalin kerja sama dan sinergi yang kuat dengan berbagai kementerian/lembaga di tingkat pusat dan daerah, terutama lembaga pembiayaan, guna meningkatkan daya saing industri kecil dan menengah, serta usaha mikro kecil dan menengah (IKM/UMKM) di Manado, Sulawesi Utara, dalam melakukan ekspor.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan hal tersebut dalam acara "Kick Off Duta IKM/UMKM Go Export", di God Bless Park, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu 3 Oktober 2020.

"Pemerintah harus memberikan kemudahan berusaha bagi IKM/UMKM, seperti dalam aspek pemberian kredit yang mudah atau stimulus. Tujuannya yaitu agar peran IKM/UMKM dalam pembangunan ekonomi bisa semakin besar," ungkap Wamendag Jerry dalam keterangan persnya.

Wamendag Jerry mengatakan, para pelaku IKM/UMKM perlu mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan akses pembiayaan melalui proses asesmen yang lebih sederhana dan bunga yang lebih kompetitif. Untuk itu, sinergi semua pihak dalam meningkatkan daya saing IKM/UMKM Indonesia penting dilakukan agar IKM/UMKM dapat berkontribusi terhadap ekspor Indonesia.

 

"Penguatan pasar dalam negeri dilakukan dengan mengamankan pasar dalam negeri dari gangguan impor, memperluas pasar dan pusat distribusi, serta meningkatkan kepatuhan peredaran barang. Selain itu, juga memberikan peluang sebesar-besarnya bagi wirausaha nasional dalam memasok kebutuhan pasar dalam negeri dan ekspor, termasuk promosi penggunaan produk dalam negeri," ujar Wamendag.

Kebijakan lainnya, lanjut Jerry, adalah kewajiban pembelian oleh pemerintah atas produk dalam negeri, promosi ekspor, serta mendukung kolaborasi dan global entrepreneurship. Selain itu, juga penting dilakukan pemberian informasi yang lengkap mengenai strategi pemasaran produk dan peningkatan promosi produk lokal yang terintegrasi secara nasional lewat platform niaga elektronik. Diharapkan dengan adanya penjualan melalui platform niaga elektronik, UMKM dapat juga melakukan transaksi secara nontunai.

Tags : Kemendag , Alkes , Covid19