PCNU Magelang Launching Bank NU Syariah

| Minggu, 25/10/2020 08:41 WIB
PCNU Magelang Launching Bank NU Syariah Rois Syuriah PWNU Jateng, KH. Ubaidillah Shodaqoh menggunting pita tanda diresmikannya Bank NU Syariah di kantor PCNU Magelang (foto IG @yusuf_ch)

MAGELANG, RADARBANGSA.COM - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Magelang melaunching Bank NU (BNU) Syariah di Aula Kartika Nawa, Kantor PCNU Kabupaten Magelang, Sabtu, 24 Oktober 2020.

Rois Syuriah PWNU Jateng KH Ubaidillah Shodaqoh dalam sambutannya berharap BNU Syariah tersebut berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Berkembangnya Bank ini bukan besarnya aset, tetapi seberapa jauh dirasakan manfaatnya di tengah-tengah masyarakat,” kata Kaia Ubaidillah.

Oleh karena itu, Kiai Ubaidillah meminta manajemen BNU Syariah gencat melakukan survei di pertengahan tahun atau di akhir tahun sejauh mana peran BNU Syariah itu membantu perekonomian masyarakat.

“Adapun aset, insya Allah kalau kita memberikan manfaat kepada umat ini, maka umat juga akan banyak memberikan manfaat kepada Jam’iyah Nahdhatul Ulama. Dari warga ke NU, dari NU menuju ke warga lain,” katanya.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes API Tegalrejo yang hadir sebagai Keynote Speaker mengatakan, ketika dahulu KH Hasyim Asy’ari mencanangkan jihad melawan penjajah, semangat itu yang harus diambil, yaitu NU harus berjihad untuk mensejahterakan warganya. “Musuh kita hari ini adalah kemiskinan dan kebodohan atau keterbelakangan,” kata Gus Yusuf, panggilan akrab KHM Yusuf Chudori.

Konsentrasi NU ke depan, lanjutnya, memang pada sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan. Ini menjadi ladang berjuangnya kader-kader NU. Karena itu sangat diapresiasi keberadaan BNU Syariah ini.

“Ini menjadi ladang jihadnya teman-teman NU, dari NU untuk masyarakat luas,” tegas Ketua DPW PKB Jateng ini.

Gus Yusuf juga menyinggung adanya semangat orang-orang hijrah, tetapi kebablasen. “NU harus menjadi jembatan semangat orang-orang yang berhijrah, tetapi tetap dengan syariah yang benar,” kata Gus Yusuf.

Usai launching, acara lantas dilanjutkan dengan sarasehan perbankan tentang “Membedah tantangan dan konsep mulia tatanan ekonomi syariah”.

Selain Kiai Ubaidillan dan Gus Yusuf, pengasuh PP Darul Rohmah Jakarta yang juga Ketua DPS Bank Permata Syariah Gus Faiz Syukron Makmun Lc MA, KH Achmad Labib SE MM, Dr Fahmy Akbar Idries SE MM dan Edi Cahyana SE tampil sebagai pembicara dan juga panelis.

Tags : NU , Bank NU Syariah , Magelang