Waspada La Nina, BMKG: Curah Hujan di Bogor Meningkat 20-40 Persen

| Senin, 26/10/2020 10:30 WIB
Waspada La Nina, BMKG: Curah Hujan di Bogor Meningkat 20-40 Persen Ilustrasi La Nina (foto istimewa)

BOGOR, RADARBANGSA.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau semua pihak untuk mewaspadai fenomena La Nina, terutama di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Kepala Stasiun BMKG Citeko, Bogor, Asep Firman Ilahi menyatakan, ada potensi bencana di wilayah Bogor, Jawa Barat akibat La Nina yang saat ini mulai memasuki kawasan itu.

Dia mengungkapkan fenomena La Nina mengakibatkan curah hujan meningkat sebanyak 20 - 40% pada pekan ini hingga November. Sehingga kerap terjadi hujan sedang hingga lebat, serta angin kencang dan badai guntur.

"Kota Bogor sendiri terdampak dengan fenomena La Nina ini dengan peningkatan curah hujan 20 - 40% dari normalnya pada pekan ini hingga bulan depan," ujar Asep, Minggu, 25 Oktober 2020.

Untuk itu, dia mengimbau Pemerintah Daerah di Bogor memperhatikan kondisi pohon-pohon di Kota Bogor, untuk menghindari terjadinya pohon tumbang saat angin kencang. Selain itu, Kabupaten Bogor banyaknya kejadian tanah longsor dan banjir di musim penghujan.

Berdasarkan catatan BMKG, kata Asep, siklus La Nina tidak bisa dipastikan berakhir akhir-akhir ini. Sekira sebelum tahun 2000, siklus ini biasanya datang sekitar empat tahunan, setelah fenomena El Nino.

Tags : BMKG , La Nina , Bogor

Berita Terkait