Ratna Juwita Dorong Pengolahan Sampah Organik Jadi Alternatif Kelangkaan Pupuk

| Selasa, 03/11/2020 06:31 WIB
Ratna Juwita Dorong Pengolahan Sampah Organik Jadi Alternatif Kelangkaan Pupuk Anggota DPR RI Ratna Juwita Sari menyampaikan sambutan dalam acara Pelatihan Pembuata Kompos (Komposter) di lokasi Mangrove Center Tuban, Senin (2/11). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI, Ratna Juwita Sari menghadiri Pelatihan Pembuatan Kompos (KOmposter) yang diadakan oleh Yayasan Mangrove Center, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Kegiatan yang bertempat di area Mangrove Center Tuban itu dilaksanakan mulai tanggal 2-4 November 2020.

"Kegiatan ini dalam rangka pembekalan penciptaan wirausaha baru melalui teknologi tepat guna yang akan nantinya menjadi alternatif untuk sampah dari segi pengolahannya," kata Ratna saat membuka acara, Senin, 2 November 2020.

Legislator Fraksi PKB asal Tuban itu mengungkapkan, jika pelatihan organik ini bisa menjadi embrio lahirnya wirausaha baru di bidang pengelolaan sampah. "Kegiatan ini juga bisa menjadi solusi dari masalah yang diakibatkan oleh semakin banyaknya sampah organik yang menumpuk," ujarnya.

Ratna menuturkan, kandungan pupuk kompos uji lab dari ITS (Institute Teknologi Surabaya) memiliki kandungan nutrisi yang bagus. "Sampah yang telah diolah bisa menjadi alternatif kelangkaan pupuk industri yang banyak sekali dikeluhkan para petani," tandasnya.

Selain itu, ia berharap nantinya ada pengolahan sampah organik yang maksimal dan bisa menjadi solusi atas ketergantungan pupuk industri ketika terjadi kelangkaan dan juga dapat menjaga ekosistem lingkungan. "(Sehingga) Mengolah sampah jadi berkah," ucapnya.

Tags : DPR RI , Pupuk Organik , Pelatihan , Sampah , PKB