Dalam Pemilu, DKPP, Bawaslu dan KPU Satu Garis Perjuangan

| Senin, 09/11/2020 10:15 WIB
Dalam Pemilu, DKPP, Bawaslu dan KPU Satu Garis Perjuangan Logo DKPP (dok. dkppgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad menegaskan bahwa DKPP, KPU, dan Bawaslu masih dalam satu garis perjuangan yang sama dalam pelaksanaan pemilu di Indonesia. Demikian dia sampaikan dalam Webinar Nasional yang diadakan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Menurut Muhammad, ketiga lembaga penyelenggara pemilu ini memiliki visi yang sama tentang pemilu sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi.

“DKPP, Bawaslu, dan KPU itu masih satu garis perjuangan, bagaimana memastikan pemilu berkualitas dan berkredibilitas,” kata Muhammad dalam keterangannya, Minggu, 8 November 2020.

Dalam kesempatan ini, ia sedikit menjelaskan tentang tugas dan fungsi dari masing-masing lembaga penyelenggara pemilu.

Jajaran KPU, misalnya, disebut Muhammad, sebagai ahli tata kelola pelaksanaan pemilu. Sedangkan seluruh komisioner Bawaslu dikatakannya sebagai ahli dalam tata kelola pengawasan pemilu.

Sementara, lanjut Muhammad, DKPP adalah lembaga yang memastikan keahlian-keahlian yang dimiliki oleh semua komisioner KPU dan Bawaslu sudah dikuatkan, dibangun, dan ditegakkan dalam prinsip etika dan moral.

“Kalau hanya keahlian, berapa banyak orang yang ahli tapi menggunakan keahliannya untuk mengubah suara dan telah diberhentikan tetap oleh DKPP,” tegas Muhammad.

Tags : KPU , DKPP , Bawaslu