Kemenhub dan Dekranas Beri Pelatihan Kewirausahaan Digital di Yogyakarta

| Selasa, 24/11/2020 19:02 WIB
Kemenhub dan Dekranas Beri Pelatihan Kewirausahaan Digital di Yogyakarta Kemenhub dan Dekranas beli pelatihan berbasis digital di Yogyakarta (foto: dephubgoid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) memberikan pelatihan kewirausahaan berbasis teknologi digital kepada sekitar 52 pengrajin usaha mikro dan kecil (UMK) di Yogyakarta Selasa, 24 November 2020.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 24 - 28 November 2020 di Balai Besar Kerajinan Yogyakarta tersebut bertujuan untuk menumbuhkan Wirausaha Baru Kriya untuk mendukung pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur.

Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenhub sekaligus Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas Endang Budi Karya mengatakan, produk-produk budaya dan pariwisata yang begitu banyak di Yogyakarta dan sekitarnya harus didukung oleh industri kerajinan yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Endang Budi Karya mengapresiasi pelatihan yang dilakukan Kementerian Perhubungan yang tidak hanya memberikan pelatihan, namun juga merencanakan untuk membantu dalam mempromosikan dan memasarkan produk hasil pelatihan bersama di Yogyakarta dan di 5 (lima) lokasi pelatihan lainnya yaitu di : Labuan Bajo, Mandalika, Danau Toba, Likupang, dan Patimban.

"Kami akan mendukung dan berupaya meningkatkan kehidupan kelompok usaha kecil dan menengah dengan mendorong semua elemen pelaku usaha kerajinan lebih peduli, kreatif, dan bangga dengan buatan Indonesia, dengan memberikan pengetahuan berbisnis secara online misalnya pembuatan website, pendayagunaan medsos, dan pemanfaatan search engine. Kemudian juga memberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas desain dan kemasan produk agar sesuai dengan selera pasar dan dapat bersaing ke pasar global,” Ujar Endang Budi Karya.

Tags : Kemenhub , Dekranas