Ada Peningkatan Kasus Covid, Sejumlah Pejabat Tinggi DKI Dievaluasi

| Rabu, 25/11/2020 10:53 WIB
Ada Peningkatan Kasus Covid, Sejumlah Pejabat Tinggi DKI Dievaluasi Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (foro istimewa)

RADARBANGSA.COM - Sejumlah pejabat tinggi di DKI Jakarta dievaluasi buntuk dari sejumlah kegiatan yang memicu kerumunan massa belakangan ini. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan, evaluasi itu dilakukan lantaran ada peningkatan kasus covid-19 imbas dari kerumunan tersebut.

"Pertama terkait evaluasi adanya peningkatan kasus (Covid-19) di Jakarta, kedua kita melakukan evaluasi di antara internal kami," ujar Riza di Balai Kota Jakarta, Selasa, 24 November 2020.

Terkait dengan isu yang beredar soal pencopotan Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih buntut kerumunan di acara Maulid Nabi yang diselenggarakan Front Pembela Islam (FPI) dan pernikahan putri Rizieq Shihab di Petamburan, Sabtu (14/11), Riza juga menyebutkan hal itu masih tahap evaluasi, termasuk acaranya.

"Belum sejauh itu (pencopotan). Jadi, kita masih melakukan evaluasi," jelas dia.

Terkait dengan perpindahan jabatan di DKI Jakarta, diketahui Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Tanah Abang Sukana dimutasi sebagai penghulu di wilayah Jakarta Pusat imbas dari pelanggaran protokol kesehatan dalam hajatan putri pemimpin FPI Rizieq Shihab pada pekan lalu.

"Sukana mulai hari ini tidak lagi mendapat mandat tugas tambahan sebagai Kepala KUA. Sukana dimutasi sebagai penghulu di Kemenag Jakarta Pusat," tutur Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, melalui keterangan tertulis pada Senin (23/11).

Dia menjelaskan keputusan ini sejalan dengan komitmen Menag Fachrul Razi bahwa keluarga besar Kementerian Agama harus ketat dalam menjalankan protokol kesehatan demi menghindari penularan COVID-19 dalam melakukan pelayanan.

Kamaruddin menjelaskan keputusan itu diambil setelah tim Itjen Kemenag melakukan proses investigasi. Pasalnya, Kepala KUA Tanah Abang dinilai mengabaikan ketentuan terkait dengan protokol kesehatan saat menjalankan tugas pencatatan pernikahan Muhamad Irfan dan Najwa Syihab (putri Rizieq) di Petamburan beberapa waktu lalu.

Tags : Jakarta , Covid19