Sekjen Kemendag Saksikan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemberdayaan UMKM

| Kamis, 26/11/2020 15:24 WIB
Sekjen Kemendag Saksikan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemberdayaan UMKM Sekjen Kemendag Suhanto (foto: humas kemendag)
RADARBANGSA.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Suhanto bersama Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Syailendra menyaksikan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pengembangan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sektor Perdagangan Melalui Pemanfaatan Fasilitas Perhotelan dan Jasa Akomodasi serta Penyediaan Layanan Perbankan yang berlangsung di Hotel Grand Mercure Surabaya, Jawa Timur, Rabu 25 November 2020 kemarin.
 
Dalam kesempatan itu, Sekjen Suhanto mengatakan, di tengah situasi pandemi Covid-19, UMKM diharapkan mampu memainkan perannya sebagai penopang perekonomian bangsa yang mampu menggerakkan ekonomi dan menjaga daya beli masyarakat.
 
"UMKM diharapkan mampu menjaga kontribusi 60% dari total PDB dan menyerap tenaga kerja," kata Sekjen Suhanto dalam keterangan persnya.
 
Lebih lanjut dikatakan Sekjen Suhanto, nilai konsumsi dalam negeri yang besar dapat memberikan kontribusi dan membantu UMKM tetap bertahan, beradaptasi, bahkan berkembang dalam situasi kebiasaan baru. Melalui kerja sama ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan daya saing produk dan mentransformasi UMKM dalam memasarkan produk dan pembiayaan usaha.
 
Penandatangan kerja sama ini dilakukan oleh Kepala Dinas Perindag Jawa Timur, Drajat Irawan; Vice President PT Accor Asia Pacific Indonesia, Adi Satria; Sekretaris Ditjen Perdagangan Dalam Negeri, Johni Martha; dan Pemimpin Kantor BNI Wilayah Surabaya, Muhammad Gunawan Putra. Pada kesempatan ini juga dilakukan Penandatanganan Kontrak Penyediaan Kebutuhan Hotel antara Accor Group dan UMKM, Penyerahan secara simbolis Kredit bagi UMKM serta Penyerahan Bantuan Alat Produksi Bagi UMKM.
 
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut penandatanganan sebelumnya yang telah dilakukan di Provinsi Jawa Tengah pada 15 Oktober dan D.I. Yogyakarta pada 16 Oktober 2020. Pada kesempatan ini, Kemendag juga menyerahkan bantuan alat potong untuk membuat sandal yang diserahkan secara langsung oleh Sekjen Suhanto. 
Tags : Kemendag , UMKM