Layani Jemaah Umroh, KJRI Jeddah Upayakan Bus Buatan Indonesia Masuk ke Arab Saudi

| Kamis, 26/11/2020 15:42 WIB
Layani Jemaah Umroh, KJRI Jeddah Upayakan Bus Buatan Indonesia Masuk ke Arab Saudi Bus Shalawat yang melayani jemaah haji Indonesia (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - KJRI Jeddah upayakan masuknya bus-bus buatan Indonesia untuk hadir di Arab Saudi guna melayani para jemaah asal Indonesia. Hal ini sebagai dukungan terhadap upaya pelaksanaan ibadah umrah dan haji pasca pandemi Covid-19.

Untuk mengupayakan itu, KJRI Jeddah melakukan pertemuan virtual dengan Kementerian Perhubungan RI, perusahaan Karoseri bus Indonesia dan perusahaan Massaril Haram Arab Saudi, Rabu 25 November 2020 kemarin.

Pertemuan membahas rencana penyediaan bus untuk musim Haji 2021 sekaligus tindak lanjut inquiry dari owner Massaril Haram, Omar Miski, yang berkeinginan untuk mendatangkan bus dari Indonesia sebagai salah satu angkutan jemaah haji dan umrah di Arab Saudi. Dalam pertemuan virtual ini, KJRI Jeddah mengundang perwakilan dari PT Adiputro dan PT Laksana.

Konsul Jenderal Indonesia di Jeddah, Eko Hartono mengungkapkan bahwa Indonesia menginginkan agar pengiriman jemaah haji dan umrah asal Indonesia juga dapat dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan ekonomi nasional yaitu melalui penggunaan produk Indonesia. Dengan demikian diharapkan produk Indonesia dapat masuk ke Arab Saudi lebih banyak lagi.

Diketahui, jumlah jamaah umrah Indonesia adalah kedua terbesar setelah Pakistan, yaitu 1,2 juta jemaah. Sementara jumlah jemaah haji mencapai 231 ribu. 

Menanggapi hal itu, para perwakilan perusahaan bus menyambut baik inisiatif KJRI Jeddah dan akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait dengan persiapan untuk dapat memenuhi ketentuan dan persyaratan yang diperlukan agar dapat masuk di pasar Arab Saudi.

Tags : Jemaah Umroh , KJRI Jeddah

Berita Terkait