Kemnaker Berikan Anugerah Siddhakarya pada Dunia Usaha

| Jum'at, 27/11/2020 16:28 WIB
Kemnaker Berikan Anugerah Siddhakarya pada Dunia Usaha Kemnaker memberikan penganugerahan Siddhakarya Tahun 2020 di Provinsi Bengkulu (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) memberikan penganugerahan Siddhakarya Tahun 2020 di Provinsi Bengkulu, Rabu 25 November 2020.

Pemberian Penghargaan Siddhakarya ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Provinsi Bengkulu. Ada enam perusahaan yang menerima penghargaan tersebut, di mana lima di antaranya jenis usaha mikro (kecil) dan satu usaha menengah.

Penghargaan Siddhakarya tersebut diserahkan langsung oleh oleh Staf Ahli Gubernur Bengkulu Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Soemarno, mewakili Pemerintah Provinsi Bengkulu dan dihadiri Edi Pujimulyono (Kabag Umum dan Pemberitaan Biro Humas Kemnaker) yang mewakili Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Dirjen Binalattas).

Dalam sambutannya mewakili Dirjen Binalattas, Edi Pujimulyono, menyampaikan bahwa ada dua jenis penghargaan produktivitas dunia usaha yaitu Penghargaan Siddhakarya diartikan Karya Prima, yang merupakan penghargaan kualitas dan produktivitas tertinggi di tingkat Provinsi yang penyerahannya oleh Gubernur pada setiap tahun genap.

"Sedangkan Paramakarya diartikan Karya Unggul, merupakan penghargaan kualitas dan produktivitas tertinggi di tingkat Nasional yang penyerahannya oleh Presiden RI pada setiap tahun ganjil," kata Edi Pujimulyono dalam keterangan persnya.

Menurutnya, tujuan pemberian Siddhakarya adalah pertama, mendorong dunia usaha dunia industri, terutama usaha kecil dan menengah, untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas serta daya saing perusahaan, sehingga dapat terus berperan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kedua, menyosialisasikan kategori dan kriteria kinerja perusahaan untuk diimplementasikan. Ketiga, memberikan pengakuan dan penghargaan kepada perusahaan kecil, menengah, dan besar yang telah berhasil dalam peningkatan produktivitas dapat dijadikan teladan dan percontohan standar keberhasilan (bench-marking best practice) bagi perusahaan-perusahaan lain.

"Penghargaan ini juga untuk memfasilitasi pengembangan jejaring komunikasi antar pelaku dunia usaha dunia industri, sehingga dapat memanfaatkan pertukaran informasi tentang pengalaman praktis terbaik (best practice)," katanya.

Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah