Cegah Penyebaran Covid-19, Kemendes PDTT Lakukan Tes Swab

| Sabtu, 28/11/2020 15:14 WIB
Cegah Penyebaran Covid-19, Kemendes PDTT Lakukan Tes Swab petugas kesehatan saat melakukan swab test kepada pegawai Kemendes PDTT (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) kembali melakukan tes swab pegawai di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Jumat 27 November 2020 kemarin.

Selain untuk memastikan kondisi kesehatan pegawai, tes swab ini dilakukan juga untuk meminimalisir terjadinya penyebaran covid 19, "Untuk menciptakan rasa aman juga. Jadi tes swab ini juga upaya kita untuk meyakinkan pegawai bahwa di sini (Kantor Kemendes PDTT) aman dari covid 19," ujar Kepala Sub Bagian Tata Usaha Biro Sumber Daya Manusia dan Umum Kemendes PDTT, Syahrul Sidik.

Syahrul mengatakan, tes swab dilakukan kepada pegawai yang rentan terhadap penularan covid 19. Tak hanya Pegawai Negeri Sipil (PNS), tes swab juga dilakukan kepada Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), pramubakti hingga supir.

"Terutama pegawai yang rentan dan intensitas di kantor sangat tinggi, itu kita utamakan (tes swab)," ujarnya.

Terkait hal tersebut, jika terdapat pegawai yang terindikasi positif covid 19, Kemendes PDTT juga akan melakukan pelacakan (tracking) terhadap pegawai yang melakukan interaksi dan berisiko tertular untuk dilakukan tes swab.

Selanjutnya menurut Syahrul, Kemendes PDTT juga akan melakukan koordinasi dengan Puskesmas dan dinas kesehatan setempat untuk melakukan penanganan lebih lanjut.

"Jadi data-data hasil swab kita juga terkoneksi dengan data yang dimiliki Satgas covid 19. Makanya yang swab kita lampirkan juga KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk mempermudah melakukan tracking kalau terindikasi positif (covid 19)," ujarnya.

Tags : Virus Corona , Covid19 , Gugus Tugas

Berita Terkait