DPR: BUMN Wajib Punya Terobosan Pemulihan Ekonomi Nasional

| Selasa, 01/12/2020 17:01 WIB
DPR: BUMN Wajib Punya Terobosan Pemulihan Ekonomi Nasional Kantor Kementerian BUMN (foto Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi VI DPR Martin Manurung mendorong pertumbuhan ekonomi nasional untuk kembali bangkit melalui kontribusi perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai agent of development, di tengah pandemi COVID-19.

Menurut Martin, perusahaan pelat merah harus memiliki langkah terobosan masing-masing untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19.

“Karena seharusnya BUMN itu sudah wajib memiliki terobosan masing-masing untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional," kata Martin dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 1 Desember 2020.

Politikus Nasdem ini menyatakan, penurunan sales dan product demand yang saat ini terjadi di BUMN bukan semata-mata disebabkan karena dampak dari pandemi COVID-19. Sehingga, berbagai langkah perlu dilakukan BUMN guna meningkatkan kinerja serta kontribusi perusahaan kepada pemerintah di masa pandemi.

"Memang ada dampak COVID-19, tapi bukan COVID-19 saja sebagai penyebabnya. Seperti contoh, terdapat perusahaan BUMN yang struktur permodalannya sejak sebelum COVID-19 itu memang sudah bermasalah. Nah hal seperti ini masih harus kita (Komisi VI DPR) dalami," jelas legislator dapil Sumatera Utara II itu.

Oleh karena itu, lanjut Martin, Komisi VI DPR mendukung langkah-langkah pembenahan yang akan dilakukan oleh Kementerian BUMN agar terus bertahan dalam menghadapi pandemi COVID-19.

“Jadi ini akan kita, Komisi VI DPR, terus soroti dan monitor. Yang nantinya akan ditindaklanjuti juga dalam rapat kerja di Jakarta dengan Menteri BUMN. Dim ana Menteri BUMN kita minta untuk memaparkan program rekstrukturisasi BUMN," tegas Martin. 

Tags : DPR , Covid19 , Martin Manurung