Hadiri Wisuda UIN Banten, Sekjen Kemenag: Sarjana PTKI Agen Moderasi

| Selasa, 08/12/2020 22:31 WIB
Hadiri Wisuda UIN Banten, Sekjen Kemenag: Sarjana PTKI Agen Moderasi Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag), Nizar saat menghadiri wisuda di UIN SMH Banten (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag), Nizar meminta para sarjana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) untuk aktif dalam menyebarkan pemahaman dan sikap keagamaan yang moderat, tidak ekstrim dan tidak liberal. 

“Sarjana PTKI sudah seharusnya menjadi agen moderasi beragama,” pesan Nizar di hadapan 541 mahasiswa yang mengikuti Wisuda Sarjana XXIX dan Pascasarjana XV UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten, di Serang, Selasa 8 Desember 2020.

Menurutnya, di era revolusi industri ini, moderasi beragama menjadi keniscayaan dan modal utama membangun peradaban, merawat kerukunan, kesetiakawanan, serta toleransi masyarakat.

Kepada wisudawan, Sekjen berpesan untuk terus menjaga, merawat dan memelihara nama baik almamater dan para dosen yang telah berjasa dalam mengantarkan perjalanan mereka hingga menjadi sarjana.

"Peran para alumni juga sangat penting dalam meningkatkan kualitas almamater. Apalagi, di era revolusi industri 4.0, PTKI dituntut dapat mengelola seluruh potensi yang ada untuk membangun perguruan tinggi yang bisa berdaya saing secara nasional, regional maupun internasional," ungkapnya.

“Peluang kerja ke depan tidak hanya pegawai negeri sipil, tapi juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Menjadi tenaga pengajar TPQ atau majelis taklim juga bagian dari profesi,” tuturnya. 

Tags : Wisuda UIN Banten

Berita Terkait