Indonesia Prakarsai Resolusi PBB Tentang Penguatan Ketahanan Kesehatan Global

| Selasa, 15/12/2020 17:52 WIB
Indonesia Prakarsai Resolusi PBB Tentang Penguatan Ketahanan Kesehatan Global Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI). (Foto: twitter @Kemlu_RI)

RADARBANGSA.COM - PBB telah mengesahkan resolusi mengenai kesehatan global dan kebijakan luar negeri yang diinisiasi Indonesia, didukung 181 negara anggota PBB lainnya.

Resolusi “Global Health and Foreign Policy: Strengthening Health System Resilience through Affordable Healthcare for All” yang menekankan mengenai pentingnya layanan kesehatan yang mudah diakses dan terjangkau untuk perkuat sistem ketahanan kesehatan global difasilitasi Indonesia bersama Afrika Selatan, Brazil, Norwegia, Perancis, Senegal, serta Thailand.

“Resolusi ini adalah bukti nyata kiprah Indonesia dalam memperjuangkan solidaritas global terkait kerja sama kesehatan, khususnya di masa pandemi COVID-19, dan hal ini juga merupakan terobosan penting karena akses dan layanan kesehatan yang terjangkau menjadi perhatian semua pihak,” jelas Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi.

Menurut Menlu, inisiatif Indonesia ini merupakan bentuk nyata tindaklanjut dari pernyataan Bapak Presiden RI saat pidato di SMU PBB ke-75 yang menekankan pentingnya kolaborasi dan collective global leadership tangani pandemi.

Selain itu, Menlu Retno menambahkan bahwa resolusi ini juga sejalan dengan peran Indonesia sebagai Ketua Global Health and Foreign Policy Initiative, yang aktif mendukung upaya global mengatasi dampak pandemi COVID-19.

Tags : Menlu Retno Marsudi , PBB

Berita Terkait