Wamendes PDTT Minta Mahasiswa Kembangkan BUMDes

| Selasa, 12/01/2021 19:52 WIB
Wamendes PDTT Minta Mahasiswa Kembangkan BUMDes Wakil Menteri Desa, PDTT, Budi Arie Setiadi menghadiri peluncuran Aplikasi Subang Smart Desa (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi mengatakan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi tulang punggung bagi Pendapatan Asli Desa (PADes).

Untuk itu, ia meminta mahasiswa yang terjun ke dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) dapat membantu memberikan inovasi-inovasi terbaik untuk pengembangan BUMDes.

“Inovasi yang diusung mahasiswa KKN ke desa adalah sumber perubahan bagi desa, adalah api pembangunan bagi desa,” ujarnya saat memberikan arahan pada Pelepasan Mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret yang digelar secara virtual, Jakarta, Selasa 12 Januari 2021.

Budi Arie mengatakan, selain untuk meningkatkan PADes, pengembangan BUMDes juga perlu mendapatkan perhatian signifikan untuk dapat menggerakkan ekonomi warga desa secara keseluruhan.

Menurutnya, potensi desa yang belum terjamah, selayaknya dapat diberdayakan dan dikembangkan oleh BUMDes, “Produk unggulan desa yang ekonomis, dan belum dikembangkan warga desa sendiri, patut untuk dikembangkan Bumdes,” ujarnya.

Di sisi lain, Budi Arie mengatakan, bahwa desa-desa di Indonesia saat ini sedang mengalami perubahan paradigmatik, yaitu berlandaskan kepada arah SDGs Desa. Menurutnya, perubahan tersebut akan mencakup proses pembaruan data baik level desa, rukun tetangga, keluarga, hingga individu.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait