Penyintas Covid-19, Anies dan Riza Patria Batal Disuntik Vaksin

| Rabu, 13/01/2021 14:25 WIB
Penyintas Covid-19, Anies dan Riza Patria Batal Disuntik Vaksin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (foto: twitter)

RADARBANGSA.COM - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI, Widyastuti mengonfirmasi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria batal menjadi orang yang pertama di ibu kota divaksinasi COVID-19 Sinovac.

Menurut Widyastuti, alasan keduanya bukan prioritas penerima vaksin karena Anies dan Riza adalah penyintas Covid-19 atau pernah terjangkit virus tersebut dan mereka berhasil sembuh.

"Pak Gubernur dan pak Wagub karena ada riwayat terkonfirmasi positif, tidak menjadi sasaran pada saat ini," kata Widyastuti ketika dikonfirmasi wartawan, Rabu, 13 Januari 2021.

Widyastuti menyampaikan, memang selama ini ada anggapan bila pasien yang telah sembuh dari penyakit mematikan itu secara otomatis kebal terhadap wabah COVID-19.

"Ya untuk di Jakarta, beliau (Anies dan Ariza) karena pengintas jadi bukan jadi sasaran vaksinasi saat ini," tegas Widyastuti.

Vaksinasi COVID-19 di DKI akan dimulai pada Jumat (15/1) . Prioritas utama yang disuntik vaksin Sinovac ialah para petugas kesehatan yang selama ini menjadi garda terdepan dalam penanganan corona dan mereka yang berhadapan langsung dengan pasien COVID-19.

Tak cuma tenaga medis, tokoh masyarakat juga menjadi yang diutamakan disuntik vaksin COVID-19. Hal ini untuk mendorong dan mempercayai warga untuk mau divaksinasi.

Hanya saja Widyastuti belum mau membeberkan siapa saja tokoh yang dimaksud, karena sampai sekarang masih tahap koordinasi.

"Karena harus ada berbagai kriteria yang harus ditetapkan. Karena secara garis besar mulai dari tokoh birokrat, tokoh masyarakat, organisasi profesi, itu yang akan sesuai dengan kebijakan di tingkat pusat," pungkasnya.

 

Tags : Covid19 , Anies Baswedan , Jakarta