Abdul Wahid Desak Chevron Hibahkan Pembangkit Listrik MCTN Ke Daerah

| Kamis, 14/01/2021 18:02 WIB
Abdul Wahid Desak Chevron Hibahkan Pembangkit Listrik MCTN Ke Daerah Anggota Komisi VII DPR RI FPKB Abdul Wahid (foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Komisi VII DPR RI melakukan Rapat Dengar Pebdapat (RDP) Panja Migas dengan Kepala SKK Migas, Dirut PT Pertamina (Persero) dan Presdir PT Chevron Pacifik Indonesia.

Dalam kesempatan itu, politisi PKB, Abdul Wahid meminta agar suplay listrik yang dikelola PT MCTN anak perusahaan PT. Chevron dihibahkan ke daerah.

"Listrik yang disewakan Chevron melalaui anak perusahaan PT MCTN menggunakan dana cost recovery, harusnya hibahkan saja ke daerah untuk mengelola, keuntungan yang besar untuk Chevron kemana?, masak harus dibisniskan lagi, jangan buminya diperas tetapi meninggalkan masalah bagi daerah," tegas Abdul Wahid.

Selain itu, politisi muda asal Riau itu juga meminta dengan tegas agar semua persoalan terkait alih kelola Blok Rokan segera dituntaskan sebelum hand over 9 Agustus 2021 mendatang.

"Saya ingin meminta penjelasan detail. Pertama, tentang mekanisme peralihan SDM dan tenaga kerja, bagaimana mekanismenya dan menejemennya?," tanyanya.

Kedua, lanjut Wahid, tentang penyelesaian TTM yang mencemari lingkungan dan sengketa masyarakat adat, "Dan ketiga, tentang pembangkit listrik yang dikelola oleh MCTN sewa menggunakam cost recovery" tanya lagi.

"Saya minta penjelasan dan jawaban terkait ini, harusnya Dirut Chevron hadir disini biar clear dan ada keputusan, selain itu soal lingkungan harus di selesaikan Chevron dan pihak terkait sesegera mungkin," tegasnya lagi.

Tags : Abdul Wahid , PKB , Blok Rokan