36 Korban Meninggal Dunia Akibat Longsor di Sumedang

| Senin, 18/01/2021 19:21 WIB
36 Korban Meninggal Dunia Akibat Longsor di Sumedang Longsor di Sumedang, Jawa Barat (foto: Humas BNPB)

RADARBANGSA.COM - Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati menyampaikan, berdasakan data dari Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Senin 18 Januari 2021 total korban yang berhasil ditemukan tim gabungan berjumlah 36 orang dan 4 orang masih dinyatakan hilang.

"Selain itu, korban luka berat berjumlah tiga orang dan 22 orang luka ringan, serta 1.119 jiwa mengungsi," kata Raditya Jati dalam keterangan persnya.

Hingga saat ini, kata Raditya Jati, tim gabungan masih berupaya melakukan pencarian dan evakuasi korban yang masih tertimbun longsor.  Kondisi terkini di lokasi kejadian hingga saat berita ini diturunkan, Dusun Bojongkondang RT 03 RW 10 Desa Cihanjuang perlu terus diwaspadai, karena sebagaimana hasil pengamatan Badan Geologi masih adanya retakan di beberapa titik lokasi longsor.

"Faktor cuaca masih menjadi kendala pada proses evakuasi terutama hujan menyebabkan jalan menjadi licin," ungkapnya.

Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang mendata kebutuhan mendesak yang sangat dibutuhkan yakni makanan pokok dan obat-obatan, bantal, selimut, alas tidur, pakaian dalam, peralatan mandi, baby kit, jas hujan, masker, serta sepatu boot dan APD untuk relawan.

Tags : Longsor Sumedang , BNPB

Berita Terkait