Indonesia-Kamboja Dorong Kerja Sama Hentikan Kampanye Negatif Terhadap Sawit

| Senin, 18/01/2021 20:52 WIB
Indonesia-Kamboja Dorong Kerja Sama Hentikan Kampanye Negatif Terhadap Sawit Minyak Sawit

RADARBANGSA.COM - Indonesia terus berupaya untuk memerangi kampanye negatif terhadap komoditas sawit dan turunannya, salah satunya melalui pendekatan Perwakilan kepada masing-masing negara akreditasi.

Dilansir kemlugoid, Senin 18 Januari 2021, Duta Besar Indonesia untuk Kamboja, Sudirman Haseng kunjungi State Secretary Kementerian Lingkungan Hidup Kamboja, Eang Sophalleth untuk mendiskusikan isu sawit dan kesinambungan ekonomi petani.

Pertemuan tersebut juga dimanfaatkan oleh Dubes Sudirman untuk menggalang dukungan dan peran aktif kamboja pada pertemuan ASEAN – EU Joint Working Group (JWG) yang akan membahas isu terkait minyak nabati, termasuk sawit, pada akhir Januari 2021. 

“Isu yang akan dibahas dalam JWG ini sangat penting terutama bagi ASEAN, yang merupakan kawasan pengekspor komoditas minyak sawit terbesar," katanya.

Menurutnya, isu kelapa sawit target menjadi kampanye negatif secara sistemik yang dilakukan oleh pihak – pihak yang berkepentingan," tegas Duta Besar Sudirman Haseng.

Sementara YM Eang Sophalleth memandang arti penting isu yang dibahas dalam kaitan mendorong implementasi SDGs dan ekonomi berkelanjutan, serta melihat peluang dan tantangan pada produksi minyak nabati.

Tags : Sawit Indonesia

Berita Terkait