Kemenag Harap Jemaah Haji Diprioritaskan Vaksinasi Covid-19

| Selasa, 19/01/2021 18:34 WIB
Kemenag Harap Jemaah Haji Diprioritaskan Vaksinasi Covid-19 Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan persiapan ibadah haji tahun 2021. Rencananya, jika tahun ini ada ibadah diselenggarakan, makan kloter pertama akan terbang pada 15 Juni 2021 mendatang.

Sebagai bagian persiapan, jelas Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah bersurat ke Menteri Kesehatan. Surat tertanggal 5 Januari 2021 itu terkait permohonan dukungan perlindungan kesehatan bagi jemaah haji Indonesia.

"Dalam rangka menjamin dan memberikan perlindungan, kami telah bersurat ke Menkes, meminta agar jemaah haji tahun 1442H/2021M mendapatkan prioritas vaksinasi Covid-19," terang Menag di Jakarta, Selasa 19 Januari 2021.

Menurutnya, ada sejumlah pertimbangan kenapa calon jemaah haji perlu mendapat prioritas vaksinasi. Pertama, jemaah calon haji tahun 2021 kemungkinan akan ditolak kedatangannya oleh otoritas Arab Saudi apabila belum dilakukan vaksinasi Covid-19. 

Kedua, lanjutnya, jika belum divaksin, maka perlu alokasi waktu, tempat, dan biaya untuk karantina jemaah, sebelum dan setibanya di Arab Saudi. Ketiga, jika belum divaksin, maka jemaah harus melakukan PCR Swab saat karantina, sebelum dan setiba di Arab Saudi.

"Dan keempat, jika belum divaksin, perlu penerapan physical distancing di embarkasi, selama penerbangan dan selama di Arab Saudi, serta setibanya jemaah di Tanah Air," jelasnya.

 

Tags : Virus Corona , Covid19 , Gugus Tugas

Berita Terkait