Joe Biden Resmi Jadi Presiden Amerika Serikat

| Rabu, 20/01/2021 23:52 WIB
Joe Biden Resmi Jadi Presiden Amerika Serikat Presiden AS, Joe Biden (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Josept Robinette (Joe) Biden - Kamala Harris telah resmi menjadi Presiden - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) untuk periode 2021-2026. Pelantikan ini seperti biasa dilakukan di Gedung Putih, Washington DC, Rabu 20 Januari 2021.

Sebelum Joe Biden, Kamala Harris terlebih dahulu dilantik sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat. Diselang, Jennifer Lopez yang menyanyikan salah satu lagu nasional AS, Joe Biden langsung dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat.

Dalam pelantikan tersebut tampak hadir mantan Presiden Amerika Serikat, seperti Barack Obama, Jose Bush, juga wakil Presiden AS Mike Pence. Sementara Donald Trump tak menghadiri prosesi pelantikan itu karena telah terbang ke Florida.

Menurut tradisi sejak lama di AS, seorang presiden yang mengakhiri masa jabatannya juga biasanya berdiri di samping penggantinya di tangga Gedung Capitol, mengawasi pengantinya saat mengucapkan sumpah jabatan.

Diketahui dalam Pemilihan Presiden yang digelar beberapa bulan lalu, pasangan Joe Biden dan Kamala Harris berhasil mengalahkan Trump. Kemenangan ini disambut gembira oleh pendukungnya.

Untuk undangan untuk masyarakat AS terbatas, hanya sekira 1.000 orang yang hadir. Hal ini sebagai antisipasi penyebaran Covid-19. Biasanya pelantikan orang nomor satu di negeri Paman Sam itu pihak panitia menyebarkan undangan ke 200 ribu orang.

Tags : Joe Biden , Presiden AS , Kamala Harris

Berita Terkait