DPR Sahkan Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri, Gus AMI Ucapkan Selamat

| Kamis, 21/01/2021 19:17 WIB
DPR Sahkan Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri, Gus AMI Ucapkan Selamat Gus AMI berswafoto dengan Komjen Listyo Sigit Prabowo di sela Rapat Paripurna DPR RI siang tadi (foto Twitter @cakiminow)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar menyampaikan selamat kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Aziz.

“Selamat mengemban tugas baru kepada komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri,” tulis Gus AMI (sapaan karib Muhaimin) di laman Twitter pribadinya, Kamis, 21 Januari 2021.

Sebelumnya, Listyo telah disahkan menjadi calon Kapolri oleh DPR RI dalam Rapat Paripurna yang digelar Kamis, 21 Januari 2021. Seluruh fraksi di Komisi III DPR juga sudah menyetujui Listyo sebagai pengganti Jenderal Idham Azis.

Ketua DPR RI, Puan Maharani dalam pengantarnya menyatakan, agenda Rapat Paripurna mendengarkan laporan Komisi III DPR terkait uji kepatutan dan kelayakan Listyo yang dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.

"Agenda rapat paripurna hari ini adalah laporan Komisi III DPR RI atas hasil uji kelayakan calon Kapolri dilanjutkan dengan pengambilan keputusan," kata Puan.

Perwira tinggi kelahiran 5 Mei 1969 ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1991. Listyo perah menjabat sebagai Kapolres Pati, Jawa Tengah. Setelah itu Listyo menduduki posisi Wakil Kepala Polrestabes Kota Semarang. Kemudian menjadi Kapolres Solo.

Pada 2012, saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Listyo Sigit dirotasi ke Jakarta. Ia duduk di pos Asubdit II Direktorat Tipdum Bareskrim Polri.

Pada Mei 2013, Listyo bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Sulawesi Tenggara. Pada 2014. Listyo ditunjuk sebagai Ajudan Presiden Jokowi. Sekitar dua tahun kemudian atau pada Oktober 2016, dia menjabat Kapolda Banten dengan pangkat Brigadir Jenderal.

Pada Agustus 2018, dia menyandang pangkat inspektur jenderal yang disematkan oleh mantan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri. Tak lama, Listyo dipromosikan menjadi Kadiv Propam Polri pada Agustus 2018.

Tags : Gus AMI , Kapolri , DPR RI , Listyo Sigit