Ela Nuryamah Harap Dewas LPI Mampu Buka Kran Investasi Baru

| Rabu, 27/01/2021 18:55 WIB
Ela Nuryamah Harap Dewas LPI Mampu Buka Kran Investasi Baru Anggota Komisi XI DPR RI, Ela Siti Nuryamah (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IX DPR RI, Ela Nuryamah merespon baik dilantiknya lima anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu, 27 Januari 2021.

Legislator asal Lampung itu menyampaikan selamat bekerja kepada para anggota Dewan Pengawas LPI yang baru dilantik sekaligus berharap mereka mampu membuka kran investasi baru di Indonesia.

"Selamat kepada para Dewas LPI. Saya berharap Dewas LPI ini mampu membuka kran investasi baru guna mendorong pembangunan nasional," kata Ela di Jakarta, Rabu, 27 Januari 2021.

Selain itu, lanjut anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, yang lebih penting dengan lahirnya LPI harus mampu mendorong kenaikan pendapatan negara baik penerimaan pajak maupun PNBP serta penerimaan lainnya.

Ela menjelaskan, target penerimaan pajak tahun 2020 sebesar Rp 1.198,8 triliun (perpres 72/2020), realisasinya sampai dengan saat ini Rp 1.070 trilun dan turun 19,7% dari realisasi penerimaan pajak tahun 2019 sebesar Rp 1.332,7 triliun. Sedangkan target penerimaan negara pada APBN 2021 sebesar Rp 1.444,5 triliun.

"Dengan supporting UU no 11 tahun 2020 tentang cipta kerja harus nya pemerintah mampu dan mempunyai roadmap meningkatkan penerimaan negara," ujarnya.

Untuk diketahui, lima anggota LPI yang baru dilantik adalah Menteri Keuangan, Sri Mulyani merangkap anggota, Menteri BUMN, Eriek Thohir merangkap sebagai anggota, Darwin Cyril Noerhadi sebagai anggota, Yozua Makes sebagai anggota, dan hariyanto sebagai anggota.

Pelantikan Dewan Pengawas LPI ini sebagai tindaklanjut dari UU no 11 tahun 2020 tentang omnibus law dan PP no 74 tahun 2020 tentang Lembaga Pengelola Investasi.

Tujuan utama dari dibentuknya LPI adalah untuk meningkatkan dan mengoptimalkan nilai investasi yang dikelola secara jangka panjang dalam rangka mendukung pembangunan nasional.

Dilantiknya lima anggota Dewas LPI tersebut direspon positif oleh pelaku pasar modal ditengah koreksi IHSG, dimana saham-saham BUMN karya bergerak positif di sesi kedua hari ini.

Tags : PKB , Ela Siti Nuryamah , LPI , Investasi