Gus AMI: Perempuan Punya Peran Penting Dalam Sistem Politik

| Selasa, 02/02/2021 16:58 WIB
Gus AMI: Perempuan Punya Peran Penting Dalam Sistem Politik Abdul Muhaimin Iskandar (Ketua Umum DPP PKB). (Foto: AL/radarbangsacom)

RADARBANGSAA.COM - Peran perempuan dalam politik telah lama menjadi perbincangan. Setelah sekian lama diragukan, pada tahun 1979 mulai bermunculan figur pemimpin perempuan seperti Margaret Teacher yang kala itu menjabat sebagai perdana menteri pertama di Inggris. Disusul kemudian oleh Angela Markel selaku Konselir Jerman, Presiden Singapura, Halimah Yacob, PM Taiwan, Tsai Ing-wen, bahkan PM Finlandia, Sanna Marin yang merupakan pemimpin termuda di dunia, berusia 34 tahun saat terpilih di tahun 2019 lalu.

Melihat fenomena di atas, Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI menegaskan jika perempuan sejatinya memang memiliki peran penting terutama dalam sistem politik.

"Ini menunjukkan bahwa perempuan merupakan faktor penting dalam politik, kebijakan serta pembangunan," kata Gus AMI saat memberikan sambutan dalam Webinar bertajuk Meningkatkan Peran Partai Politik dalam Mendorong Kebijakan Inklusif Melalui Partisipasi Perempuan, Selasa, 2 Februari 2021.

Lebih lanjut Wakil Ketua DPR RI ini menekankan jika perbedaan gender terbukti bukan lagi menjadi alasan diskriminatif.  

Terkait hal ini, Gus AMI menegaskan jika sejak PKB didirikan pada 1998 silam dan selaku sub sistem dalam politik Indonesia memiliki komitmen untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam sistem politik. Hal ini juga tercermin dari peningkatan partisipasi wanita sebanyak 20,5 persen dalam pemilu 2019 dari periode sebelumnya yang berjumlah 17,6 persen.

"PKB berharap keterwakilan perempuan terus meningkat bahkan saya trus mendorong bukan semata konteks representasi tapi karena konkrit untuk partisipasi politik dan kebijakan," tutupnya.

Tags : Gus ami , pkb , peran perempuan

Berita Terkait