DPR Minta Kapolri Tindak Tegas Perusahaan Salurkan PMI Secara Ilegal

| Rabu, 03/02/2021 14:46 WIB
DPR Minta Kapolri Tindak Tegas Perusahaan Salurkan PMI Secara Ilegal Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo menghadiri uji kelayakan sebagai Kapolri di ruang rapat Komisi III DPR RI, Senayan Jakarta, Rabu (20/1). (Foto: twitter @FraksiPKB)

RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI Saleh Partaonan Daulay meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menindak tegas perusahaan-perusahaan yang mengirimkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) secara ilegal ke luar negeri.

Saleh mengatakan, banyak laporan dari masyarakat bahwa pengiriman PMI ilegal semakin hari semakin meningkat. Padahal, saat ini masih diberlakukan moratorium pengiriman PMI ke beberapa negara, khususnya di Timur Tengah.

"Ini memang aneh. Mereka tidak peduli moratorium dan juga pembatasan mobilitas orang akibat Covid-19. Kalau pemberangkatan ilegal ini dibiarkan, bisa sangat berbahaya. Pada titik tertentu, ini bisa TPPO (tindak pidana perdagangan orang)," ucap Saleh dikutip laman dprgoid, Rabu 3 Februari 2021.

Kalau mau dicermati, sambung Saleh, di bandara, setiap Sabtu dan Minggu selalu ada pemberangkatan ke Dubai atau Abu Dhabi dan beberapa negara lain. Konon, mereka yang diberangkatkan hanya memiliki visa wisata (ziarah) dan tiket untuk pergi saja. Hampir dapat dipastikan, mereka berangkat untuk bekerja tetapi pakai modus wisata. 

"Yang begini yang perlu ditindak tegas. Sebab, UU No. 18 Tahun 2017 mengamanatkan, setiap PMI wajib mendapatkan pelindungan baik sebelum, semasa, maupun pasca bekerja di luar negeri," tambahnya.

Saleh menyampaikan, semangat dari lahirnya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 adalah untuk melindungi PMI di luar negeri. Namun sayang sekali, sampai hari ini belum ada perubahan signifikan yang mereka alami. Bahkan yang ada, justru semakin sulit. Mereka yang mau pergi secara legal tidak diperbolehkan (moratorium), sedangkan yang ilegal malah dibiarkan.

Tags : PMI , DPR , Kapolri

Berita Terkait