Gunung Sinabung Erupsi, 3 Kecamatan Hujan Abu

| Selasa, 02/03/2021 12:32 WIB
Gunung Sinabung Erupsi, 3 Kecamatan Hujan Abu Peta Gunung Sinabung, Sumatera Utara (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara dilaporkan kembali erupsi, Selasa, 2 Maret 2021 pagi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karo Natanail Peranginangin menyatakan,?erupsi Sinabung mengakibatkan hujan abu di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Tiga Nderket, Kuta Buluh, dan Tiga Binanga.

"Saat ini hujan abu melanda tiga kecamatan, yakni Kecamatan Tiga Nderket ada 17 desa, Kecamatan Kuta Buluh ada 8 Desa, dan Kecamatan Tiga Binanga ada 15 desa," katanya.

Natanail menambahkan, abu vulkanik menghujani rumah serta tanaman warga. Kondisi jalan tampak memutih karena tertutup abu. Namun demikian, belum ada warga yang mengungsi.

"Warga masih memilih bertahan di rumah, karena hanya hujan abu saja," ungkap Natanail.

Petugas BPBD bersama dengan Pemadam Kebakaran Kabupaten Karo, saat ini sedang melakukan pembersihan material abu vulkanik.

"Kita melakukan penyemprotan air, pembersihan abu dan juga pembagian masker kepada warga, saat ini masih berlangsung," tukasnya.

Diketahui, Gunung Sinabung memuntahkan abu vulkanik dengan tinggi mencapai 4.500 meter. Erupsi terjadi 13 kali mulai dari pukul 06.42 WIB dan terakhir 08.08 WIB

Tags : Sinabung , Erupsi

Berita Terkait