Ke Banten, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sindang Heula

| Kamis, 04/03/2021 15:26 WIB
Ke Banten, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sindang Heula Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Sindang Heula di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Sindang Heula di  Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten, Kamis 4 Maret 2021.

“Alhamdulillah pada hari ini Bendungan Sindang Heula yang dibangun tahun 2015 sudah selesai dan siap difungsikan,” ujar Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, Bendungan Sindang Heula dibangun untuk meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah Banten. Dengan kapasitas yang mencapai 9,3 juta meter kubik, bendungan ini ditargetkan dapat memberikan manfaat irigasi terhadap 1.280 hektare sawah yang ada di Banten, khususnya di Serang.

“Kita harapkan bendungan ini memberikan nilai tambah yang besar bagi para petani di Banten dalam menjamin ketersediaan air yang cukup, sehingga sekali lagi kita semakin produktif dan bisa menjaga ketahanan pangan, khususnya di Provinsi Banten,” ujarnya.

Tak hanya untuk irigasi, jelas Presiden Jokowi, Bendungan Sindang Heula juga menyediakan air baku bagi daerah-daerah industri yang berkembang di Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon.

“Bendungan ini mampu menyediakan air baku hingga 0,80 meter kubik per detik, ini sudah dimulai digunakan oleh provinsi separuhnya 0,40 meter kubik per detik,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Presiden Jokowi, bendungan ini juga bermanfaat untuk pengendalian banjir dengan mereduksi banjir 50 meter kubik per detik dari sungai-sungai yang biasanya meluap, seperti Sungai Ciujung dan Sungai Cidurian. Manfaat lainnya adalah untuk pembangkit listrik berkapasitas 0,40 megawatt. Presiden berharap fungsi ini dapat dimanfaatkan oleh Provinsi Banten untuk menghilangkan ketergantungan terhadap energi fosil.

Selain itu, Presiden mengungkapkan, Bendungan Sindang Heula juga dapat menjadi lahan konservasi, “Harus kita jaga konservasi di sekitar waduk sehingga air waduk kita harapkan nanti semakin tahun semakin tahun semakin naik dan manfaatnya bisa kita gunakan untuk masyarakat di Provinsi Banten,” imbuhnya.

Tags : Bendungan Sindang Heula , Presiden Jokowi

Berita Terkait