Tranformasi BLK, Menteri Ida Fauziyah: Sebuah Lompatan Besar Tingkatkan Kompetensi

| Jum'at, 05/03/2021 19:05 WIB
Tranformasi BLK, Menteri Ida Fauziyah: Sebuah Lompatan Besar Tingkatkan Kompetensi Menaker Ida pada acara pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap I di BLK Ternate, Maluku Utara, Jumat 5 Maret 2021 (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menjadikan program transformasi BLK sebagai salah satu lompatan besar yang dilaksanakan pada saat ini. 

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menginginkan BLK menjadi pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja yang terampil dan kompeten.

"Arah kebijakan dari program transformasi BLK adalah mengubah secara total BLK sebagai Balai Pelatihan Vokasi yang menjadi pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja yang berdaya saing di tingkat nasional dan internasional," kata Menaker Ida dalam keterangan persnya, Jumat 5 Maret 2021.
 
Dalam mensukseskan program tersebut, kata Menteri Ida, Kemnaker menjadikan agenda 6R sebagai perhatian utamanya seperti Reformasi kelembagaan, Redesain substansi pelatihan, Revolusi SDM, Reviltasisasi fasilitas dan sarana prasarana, Rebranding BLK, dan Relationship.

Sementara untuk mempersiapkan pelatihan vokasi dalam menghadapi proses transformasi ketenagakerjaan akibat pandemi dan revolusi industri 4.0, Kemnaker telah menyusun sejumlah kebijakan agar pelatihan vokasi sesuai dengan munculnya peluang usaha dan jenis pekerjaan baru di era pandemi.
 
"Program pelatihan vokasi akan mengurangi biaya training dan investasi SDM bagi industri, sehingga tercipta hubungan yang saling menguntungkan antara BLK dan industri," ungkapnya.
Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah , BLK