Kemenag: Tak Mudah Cari Imam Hafal 30 Juz dan Qori

| Jum'at, 05/03/2021 19:20 WIB
Kemenag: Tak Mudah Cari Imam Hafal 30 Juz dan Qori Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin (foto: kemenaggoid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Seleksi Tahap II untuk memilih Calon Imam Luar Negeri di Hotel Golden Boutique, Jakarta, 3-5 Maret 2021.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kemenag, Kamaruddin Amin mengungkapkan, tidak mudah mencari penghafal Alquran yang mampu berbahasa Arab dengan baik termasuk membaca kitab.

"Tidak mudah mencari imam masjid yang hafal 30 juz Al-Qur`an, qari, menguasai Bahasa Arab dan bisa membaca kitab turats. Kita berharap semuanya lulus karena ini menjadi preseden yang sangat baik," kata Kamaruddin Amin saat memberikan sambutan.

Kamaruddin mengatakan, para imam yang terpilih dalam seleksi tahap kedua ini akan ditugaskan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Mereka akan menjadi duta-duta bangsa yang diharapakn dapat ikut menaikkan reputasi Indonesia di mata internasional.

"Bapak-bapak akan menjadi duta Indonesia yang sangat penting untuk menciptakan reputasi Indonesia dalam pandangan Uni Emirat Arab. Ini negara kecil, tapi kaya dan sangat berorientasi internasional. Jika bapak terpilih menjadi imam, khatib, mubaligh, artinya bapak sedang berceramah ke seluruh dunia karena jamaah di Uni Emirat Arab berasal dari banyak negara," tuturnya.

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Juraidi menjelaskan, sedianya seleksi tahap II ini diikuti 100 peserta yang sudah lulus pada seleksi tahap pertama.

"Namun, ada tiga peserta yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan swab antigen. Sementara tujuh peserta lainnya berdomisili di luar negeri sehingga proses seleksinya akan dilakukan secara virtual," ungkapnya.

Tags : Gus Yaqut , Menag , Kemenag ,

Berita Terkait