Varian Baru Covid-19 Ditemukan di Karawang, Kemenkes Minta Masyarakat Tetap Tenang

| Jum'at, 05/03/2021 21:05 WIB
Varian Baru Covid-19 Ditemukan di Karawang, Kemenkes Minta Masyarakat Tetap Tenang ilustrasi (Credit: Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) menerima informasi adanya dua kasus positif COVID-19 dengan mutasi virus corona dari Inggris atau B.1.1.7 pada Senin, 1 Maret 2021 lalu, yakni di Karawang, Jawa Barat.

Dua kasus tersebut merupakan hasil temuan dari 462 sampel yang diperiksa. Mutasi virus Corona B.1.1.7 sebelumnya pertama kali diumumkan di Inggris pada Desember 2020.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, virus corona adalah tipe virus RNA (ribonucleic acid) yang secara alami mudah mengalami mutasi dan mutasi memang merupakan kemampuan virus untuk bertahan hidup.

"Hingga saat ini, kami belum mendapatkan bukti ilmiah bahwa virus mutasi COVID-19 ini lebih tinggi tingkat keganasannya dibanding virus COVID-19 yang awal, namun, dari beberapa penelitian di negara lain menunjukkan varian virus baru ini lebih cepat menular," ungkapnya. 

Meski demikian, dr Nadia tetap meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada dan tetap tenang, "Kami menghimbau masyarakat harus lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan harus lebih diperketat, serta mensukseskan program vaksinasi COVID-19," katanya.

Selain itu, kata Nadia, menjelang libur panjang akhir pekan ini, Kemenkes menghimbau masyarakat untuk menahan diri untuk bepergian terlebih dahulu.

"Kami imbau dengan sangat masyarakat untuk menahan diri dan tidak bepergian dulu mengingat setelah libur panjang," tukasnya.

Tags : Virus Corona , Covid19 , Gugus Tugas

Berita Terkait