Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Gus Yaqut: Simbol Moderasi Beragama dan Persahabatan

| Sabtu, 06/03/2021 15:53 WIB
Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Gus Yaqut: Simbol Moderasi Beragama dan Persahabatan Peletakan batu pertama Masjid Raya Sheikh Zayed Solo (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Masyarakat Solo, akan segera memiliki masjid megah berarsitektur modern, bernama Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut, keberadaan masjid ini nantinya akan menjadi simbol moderasi beragama dan persahabatan. 

Hal ini disampaikan Menag saat peletakan batu pertama pembangunan replika Masjid Sheikh Zayed Solo di Kampung Gilingan, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu 6 Maret 2021.

"Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan menjadi salah satu mercusuar syiar Islam di Nusantara dan simbol moderasi beragama dalam rangka mewujudkan perdamaian dunia dan keadilan sosial," ujar Menag.

Gus Yaqut, sapaan akrabnya menambahkan masjid yang akan dibangun dengan hibah penuh dari Putra Mahkota Persatuan Emirat Arab bukan hanya menjadi tempat untuk shalat berjamaah, tetapi juga berfungsi sebagai pusat kegiatan dakwah, sosial dan pembinaan umat serta destinasi wisata religi yang menjunjung tinggi nilai kesucian masjid.

"Saya ingin menekankan di sini bahwa masjid adalah “lembaga risalah” yang memiliki fungsi fundamental sebagai tempat pembinaan persatuan dan kesatuan umat serta kerukunan bangsa. Masjid adalah bangunan peradaban yang memancarkan nilai, makna dan pencerahan kepada masyarakat luas," kata Menag. 

Tags : Gus Yaqut , Menag , Masjid Raya Sheikh Zayed

Berita Terkait