Survei BI: Keyakinan Konsumen Terhadap Kondisi Ekonomi Membaik

| Senin, 08/03/2021 17:10 WIB
Survei BI: Keyakinan Konsumen Terhadap Kondisi Ekonomi Membaik Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (gambar: gurupendidikan.co.id)

RADARBANGSA.COM - Survei Konsumen Bank Indonesia pada Februari 2021 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi membaik.

"Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2021 sebesar 85,8, sedikit meningkat dari 84,9 pada Januari 2021," kata Kepala Departemen Komunikasi, Erwin Haryono dalam siaran persnya, Senin 8 Maret 2021.

Menurut Erwin, keyakinan konsumen terpantau menguat pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp1-3 juta per bulan. Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 7 kota yang disurvei, dengan kenaikan tertinggi di kota Surabaya, diikuti oleh Manado dan Makassar.

"Keyakinan konsumen yang membaik pada Februari 2021 didorong oleh persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini, baik dari aspek ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, maupun ketepatan waktu pembelian barang tahan lama," jelasnya.

Sementara itu, kata Erwin, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap positif dan relatif stabil dibandingkan dengan ekspektasi pada bulan sebelumnya, hal ini ditopang oleh ekspektasi terhadap penghasilan ke depan.

Tags : Survei Konsumen BI

Berita Terkait