Presiden Jokowi Dorong Penerapan Ekonomi Berbasis Inovasi dan Teknologi

| Senin, 08/03/2021 17:44 WIB
Presiden Jokowi Dorong Penerapan Ekonomi Berbasis Inovasi dan Teknologi Presiden Joko Widodo (Foto: twitter @KemensetnegRI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendorong penerapan perekonomian yang berbasis komoditi dengan inovasi dan teknologi. 

“Kita harus bergeser dari ekonomi yang berbasis komoditi menuju ekonomi yang berbasis inovasi dan berbasis teknologi,” kata Presiden Jokowi saat membuka raker Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin 8 Maret 2021.

Presiden mengungkapkan, Indonesia dianugerahkan sumber kekayaan alam yang melimpah yang harus dijaga dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Penguasaan teknologi adalah keharusan untuk dapat memaksimalkan pemanfaatan kekayaan alam.

“Kita wajib bersyukur atas anugerah Tuhan berupa sumber daya alam yang melimpah. Kita wajib menjaganya dan memanfaatkannya secara bijak untuk kesejahteraan masyarakat, untuk kesejahteraan rakyat kita. Tetapi, tanpa penguasaan dan pemanfaatan teknologi yang bijak, anugerah tersebut tidak akan memberikan manfaat yang maksimal untuk rakyat,” ungkapnya.

Indonesia juga, kata Presiden Jokowi, harus meningkatkan kapasitas sebagai produsen teknologi sekaligus meningkatkan kedaulatan teknologi bangsa.

“Para peneliti, para inovator, para industriawan Indonesia semuanya harus bekerja bersama-sama mengembangkan teknologi masa depan, teknologi berbasis revolusi industri jilid ke-4, teknologi hijau yang ramah lingkungan, teknologi yang menyejahterakan rakyat kita,” ujarnya.

Tags : Presiden Jokowi , Inovasi , Teknologi