Jawab Tantangan Global, Presiden Jokowi Minta Perguruan Tinggi Tingkatkan Inovasi

| Jum'at, 12/03/2021 19:21 WIB
Jawab Tantangan Global, Presiden Jokowi Minta Perguruan Tinggi Tingkatkan Inovasi Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Sidang Terbuka Senat Akademik Dies Natalis Ke-45 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta secara virtual, Jumat 12 Maret 2021.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi perguruan tinggi harus melakukan perubahan demi menjawab tantangan global.  Menurutnya, kecepatan, kreativitas, dan inovasi adalah kunci untuk memenangkan kompetisi. 

“Kita tidak boleh terjebak dengan cara biasa-biasa saja. Kita tidak boleh disandera oleh rutinitas yang biasa-biasa saja. Cara-cara baru harus terus dikembangkan,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi meyakini UNS sebagai perguruan tinggi yang telah memasuki usia 45 tahun, memiliki komitmen untuk melakukan perubahan untuk memenuhi kebutuhan perkembangan zaman.

“Di hari ulang tahun yang ke-45 ini, saya yakin UNS sedang mengukuhkan komitmen untuk melakukan perubahan besar, untuk mengembangkan iptek yang sesuai dengan tuntutan zaman, untuk melahirkan lulusan yang dibutuhkan oleh masa depan,” ungkapnya.

“Ini membutuhkan perubahan program studi, dibutuhkan perubahan kurikulum, dan dibutuhkan perubahan karakter dosen. Revolusi industri jilid ke-4 telah berbuat banyak, ilmu pengetahuan dan teknologi lama menjadi usang," tambahnya.

Presiden pun berharap UNS terus dapat memberikan kontribusi besar dalam menghasilkan lulusan yang mumpuni, kompeten, dan unggul untuk kepentingan kemanusiaan dan kemajuan bangsa.

Tags : Perguruan Tinggi , Presiden Jokowi , Inovasi

Berita Terkait