Menhub Tinjau Sejumlah Infrastruktur Transportasi di Sulawesi

| Kamis, 18/03/2021 22:35 WIB
Menhub Tinjau Sejumlah Infrastruktur Transportasi di Sulawesi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Suma meninjau lokasi runaway Bandara Betoambari, Sultra (foto: dephub)

RADARBANGSA.COM -  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau sejumlah infrastruktur transportasi seperti Bandara Betoambari dan Pelabuhan di Bau-bau, Sulawesi Tenggara, dan  Bandara Arrung Palakka di Bone, Sulawesi Selatan, Kamis 18 Maret 2021.

Dilansir dephubgoid, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, tinjauannya ke sejumlah infrastruktur Bandara dan Pelabuhan adalah untuk menindaklanjuti aspirasi dari pemerintah daerah, yang mengusulkan dilakukannya pembangunan dan pengembangan.

“Sekitar dua minggu lalu Gubernur Sulawesi Tenggara (Ali Mazi) datang menemui saya untuk menyampaikan usulan pengembangan bandara dan pelabuhan di Sulawesi Tenggara,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Menhub menjelaskan, Pemprov Sulawesi Tenggara mengusulkan untuk melakukan perpanjangan runway atau landasan pacu Bandara Betoambati di Baubau, Buton, Sultra, dari saat ini sepanjang 1800 m menjadi 2000 m. Pengembangan bandara perlu dilakukan karena adanya kebutuhan untuk mendukung pertumbuhan sektor pariwisata dan industri di kawasan Kepulauan Buton.

"(Sementara itu), usulan Pemprov Sulawesi Tenggara untuk membangun pelabuhan di Buton sebagai pintu utama distribusi aspal Buton baik untuk dalam negeri maupun luar negeri," katanya. 

Menurutnya, proyek pembangunan pelabuhan di Kabupaten Buton tersebut dapat dilakukan menggunakan skema kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan diperlukan komitmen dari Pemerintah Daerah terkait dengan pembebasan lahannya.

Tags : Menhub Budi Karya , Kunjungan ke Sulawesi

Berita Terkait