DPP Dharmapala Nusantara Diresmikan, Fenomena Bangkitnya Kearifan Lokal

| Senin, 22/03/2021 18:45 WIB
DPP Dharmapala Nusantara Diresmikan, Fenomena Bangkitnya Kearifan Lokal Pelantikan Dewan Pengurus Pusat DN FABB, Jumat 19 Maret 2021 (Doc: Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Tepat pada Jumat, 19 Maret 2021 sebuah organisasi perkumpulam Buddhis resmi didirikan di Indonesia. Organisasi ini bernama Dharmapala Nusantara (DN) FABB.

Ketua Umum terpilih Kevin Wu mengatakan bahwa DN FABB adalah representasi dari simbol persatuan umat Buddhis untuk memperkuat persatuan dan persaudaraan.

Secara filosofis, Kevin menerangkan bahwa nama FABB diambil sebagai pengingat sejarah perjuangan umat Buddha melawan keangkuhan kapitalisme.

Perjuangan ini tepatnya terjadi pada beberapa waktu, saat sebuah bar dengan tidak senonohnya mengambil nama Buddha sebagai sebuah merk nama bar. Hal itu tentu melanggar peraturan perundangan di Indonesia yang berketuhanan yang maha esa, selain juga melanggar undang-undang merk.

Namun Kevin mengatakan bahwa pelajaran penting yang diperoleh dari menolak keberadaan Bar tersebut adalah bukan soal menang atau kalah, tetapi tentang kebenaran.

“Juga bukan gagah-gagahan, tapi soal kejernihan mendengar suara nurani, keberanian memperjuangkan dan menegakkan kebenaran, dan keadilan,” kata Kevin dalam sambutannya, Jumat 19 Maret 2021.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan yang turut hadir dalam pelantikan tersebut turut menyampaikan apresiasi kepada DN FABBA.

“Saya sangat mengapresiasi dan berharap agar DN FABB menjadi organisasi yang berguna tidak hanya bagi komunitas Buddhis, tapi juga bagi bangsa dan negara,” kata Daniel.

Ketua Umum Kevin Wu lantas berpesan agar DN FABB tidak menganggap organisasi Buddhis lainnya sebagai pesaing, demikian juga sebaliknya.

“Kami ini ibaratnya platform yang akan menjadi hub atau termpat bertemunya berbagai elemen untuk tujuan bersama yang lebih besar, mewujudkan Indonesia maju,” tutup Kevin.

 

Tags : DN FABB , Daniel Johan

Berita Terkait