Ada Tol Cisumdawu, Kang Emil Optimis Kawasan Rebana Berkembang Pesat

| Senin, 29/03/2021 22:45 WIB
Ada Tol Cisumdawu, Kang Emil Optimis Kawasan Rebana Berkembang Pesat Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (foto: kupasmerdeka.com)

RADARBANGSA.COM - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil optimistis dengan adanya Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang ditargetkan selesai pada Desember tahun ini, akan mampu berkontribusi pada percepatan pertumbuhan kawasan di sekitar.

“Insyaallah yang memberikan rasa optimisme bahwa setelah jalan tol Cisumdawu Desember selesai, maka bandara dan kawasannya akan berkembang pesat," kata Ridwan Kamil dalam keterangan persnya di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 29 Maret 2021.

Dikutip laman setkabgoid, Kang Emil sapaan akrabnya mengungkapkan, Pemprov Jabar tengah mengembangkan kawasan metropolitan Rebana, yang akan menghadirkan 13 kota industri baru termasuk di dalamnya Patimban dengan konsep kota maritim serta Kertajati dengan konsep aerocity.

Terkait pengembangan kawasan tersebut, Kang Emil mengharapkan dukungan pemerintah pusat terutama dalam hal pembangunan infrastruktur.

“Presiden setuju, kita akan mem-follow-up-i melalui perpres percepatan pembangunan Jawa Barat untuk menjadi dasar hukum pemerintah pusat melakukan intervensi infrastruktur di kawasan itu,” harapnya.

Ridwan Kamil meyakini kawasan ini akan dapat berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional di masa yang akan datang, “Kami sudah menghitung, kalau semua lancar maka mesin regional metropolitan Rebana ini akan menyumbangkan satu persen pada pertumbuhan ekonomi Indonesia di sepuluh tahun depan,” ujarnya. 

Tags : Tol Cisumdawu , Jabar , Ridwan Kamil

Berita Terkait