Wamenag: Pesantren Tonggak Utama Mengawal Moderasi Beragama

| Minggu, 04/04/2021 16:28 WIB
Wamenag: Pesantren Tonggak Utama Mengawal Moderasi Beragama Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid (foto: kemenag.go.id)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa`adi menghadiri gelaran Haflatul Ikhtitam Pondok Pesantren Asshiddiqiyah di Kedoya, Jakarta Barat, Minggu 4 April 2021.

Dalam sambutannya, Wamenag Zainut Tauhid mengakatan, pesantren berkontribusi dalam berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan berperan besar dalam pembangunan bangsa, termasuk dalam mengawal pemahaman keagamaan masyarakat yang tawassuth atau moderat.

"Saya meyakini bahwa pesantren adalah tonggak utama dalam mengawal moderasi beragama," kata Wamenag Zainut Tauhid.

Menurut Wamenag, moderasi beragama tidak akan dapat tercipta tanpa prinsip adil dan berimbang. Dan prinsip seperti ini yang selama ratusan tahun diajarkan di lingkungan pesantren.

"Islam wasathiyah, atau Islam tengahan, lanjut Wamenag, sesungguhnya menjadi solusi antara dua ekstremitas beragama. Yaitu pertama, ekstrimitas beragama yang bersumber dari tafsir agama yang tekstualis, literer dan hanya berdasar pada dhohir nash. Sehingga, menyebabkan pemahaman agama yang sempit, konservatif dan ultrakonservatif, yang pada titik tertentu dapat membenarkan kekerasan dan kebencian atas nama agama," jelasnya.

Sedangkan yang kedua, kata Wamenag, ekstremitas agama yang ingin melepaskan diri dari teks-teks agama dan mengarah pada pemahaman agama yang bebas dan liberal.

"Pemerintah meyakini, pengetahuan agama Islam secara menyeluruh dan mendalam yang adil dan berimbang, banyak bermula dari tradisi pembelajaran di pesantren," ungkapnya.

Tags : Gus Yaqut , Menag

Berita Terkait