SAR Dog Bantu Temukan Satu Jenazah Warga Kabupaten Kupang

| Sabtu, 10/04/2021 17:58 WIB
SAR Dog Bantu Temukan Satu Jenazah Warga Kabupaten Kupang SAR Dog saat melakukan pencarian korban banjir bandang NTT (Foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Dukungan SAR dog sangat membantu dalam upaya pencarian dan evakuasi warga yang masih dinyatakan hilang pascabencana akibat siklon tropis Seroja. Satu warga dari Kabupaten Kupang berhasil ditemukan oleh SAR dog dan tim SAR gabungan pada Jumat, 9 April 2021.

Koordinator Search and Rescue (SAR) dog, BNPB, Hardianto Wardjaman menyampaikan seekor anjing dengan kualifikasi SAR berhasil mengidentifikasi satu warga yang hilang.

Menurutnya, dalam tempo satu jam sejak diterjunkan ke lokasi terdampak, SAR dog membantu tim SAR gabungan menemukan satu warga yang hilang di Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Akhirnya, satu jenazah yang dilaporkan hilang di kabupaten ini berhasil dievakuasi. 

“Kami berhasil menemukan satu korban. Dalam kurun waktu satu jam, SAR dog kami dan Basarnas menyisir sejauh dua hingga tiga kilometer. Korban berasal dari Kabupaten Kupang,” ujar Hardianto.

Sementara itu, kata Hardianto, SAR dog yang berada di Weimatan, Lembata, berhasil mengidentifikasi tiga titik yang diperkirakan terdapat jenazah warga hilang. 

“Tadi pagi, jam enam pagi, di Weimatan dekat pantai, SAR Dog menemukan tiga titik,” tambah Hardianto.

 

Tags : SAR Dog , BNPB , Bencana NTT

Berita Terkait