Kemenag Salurkan Bantuan ke Korban Gempa Malang

| Selasa, 20/04/2021 21:09 WIB
Kemenag Salurkan Bantuan ke Korban Gempa Malang Sekjen Kemenag Nizar Ali meninjau sekolah terdampak gempa Malang (foto: kemang)

RADARBANGSA.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag), Nizar Ali berkunjung ke Kota Malang, untuk memberikan bantuan ASN Kemenag kepada masyarakat terdampak gempa yang terjadi pada 10 April 2021. 

"Ini terkait persoalan musibah. Kita upayakan untuk membantu perbaikan dengan melihat anggaran yang ada," kata Sekjen Kemenag, Nizar Ali di Malang, Selasa 20 April 2021.

Menurut Nizar, Tim Kemenag sudah mendata bangunan madrasah, pesantren, rumah ibadah, dan lainnya yang terdampak gempa. Ada kategori rusak berat, sedang, dan ringan. Klasifikasi tersebut akan menjadi acuan untuk diajukan ke PUPR.

"Karena ini menjadi otoritas kajian PUPR, bukan Kemenag. Sehingga data dari lapangan akan dikaji oleh PUPR," jelas Nizar.

Setelah sudah diklasifikasikan, lanjutnya, akan ada beberapa skema bantuan. Bantuan itu bisa bersumber dari Kemenag, BPKH, termasuk juga dari PUPR, jika masih memungkinkan. Karena tahun anggaran 2021 sudah berjalan, paling memungkinkan tahun depan.

"Kita terus melakukan koordinasi dengan Pemda setempat sebagai langkah koordinasi lintas lembaga. Sinergitas dengan Pemda setempat terus dilakukan, menghindari terjadinya double account bantuan," jelas Nizar.

Tags : Gempa Malang , Kemenag , ASN , Bantuan

Berita Terkait