Ketua DPR RI Sampaikan Peran Penting Perempuan Tingkatkan Budaya Literasi

| Selasa, 20/04/2021 22:01 WIB
Ketua DPR RI Sampaikan Peran Penting Perempuan Tingkatkan Budaya Literasi Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani menyampaikan pentingnya menumbuhkan budaya literasi dari lingkup keluarga sebagai bekal mewujudkan kemajuan bangsa Indonesia. Hal itu disampaikannya dalam talkshow memperingati Hari Kartini yang digelar secara virtual oleh Perpusnas, Selasa, 20 April 2021.

“Kemampuan literasi adalah kemampuan mendasar yang dapat menjadi pijakan bagi seseorang untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik bagi dirinya sendiri maupun bagi banyak orang,” ujarnya.

Menurut Puan, kemampuan literasi seperti membaca, menulis, serta mengolah dan memahami informasi, membuat seseorang bisa menyerap begitu banyak ilmu pengetahuan, bisa menuangkan gagasan dan berpikir kritis, serta memiliki keahlian problem solving. “Jika R.A. Kartini tidak memiliki kemampuan literasi, maka tidak akan ada buku `Habis Gelap Terbitlah Terang` yang isinya sudah menginspirasi banyak Kartini-Kartini lintas generasi hingga masa kini,” jelas perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI ini.

Dalam talkshow bertema `Peran Kartini Masa Kini dalam Meningkatkan Budaya Literasi` itu, Puan juga menyampaikan bahwa para founding fathers Indonesia memiliki kemampuan literasi yang sangat kuat. Hal itu terbukti dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar tahun 1945 yang tersusun sangat baik dan terus menjadi pegangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara hingga saat ini.

“Jika kita ingin memajukan peradaban Indonesia, maka kita harus memajukan budaya literasi,” tegasnya.

Puan memahami bahwa usaha meningkatkan budaya literasi bukanlah tugas yang mudah. Apalagi banyak ibu yang memiliki dua peran, sebagai ibu rumah tangga dan sekaligus bekerja.

Namun Puan yakin perempuan Indonesia pasti kreatif, banyak ide, dan bisa menemukan cara-cara untuk meningkatkan budaya literasi di tingkat keluarga, maupun di lingkungan sosial terdekat lainnya. “Taruh persoalan berat di hadapan perempuan Indonesia, maka Insya Allah perempuan bisa menemukan solusinya,” tutupnya.

Tags : DPR RI , Hari Kartini , Literasi , Perempuan , Indonesia