Gus Menteri dan Bupati Blora Arief Rohman Bahas Percepatan Pembangunan Desa

| Rabu, 21/04/2021 22:37 WIB
Gus Menteri dan Bupati Blora Arief Rohman Bahas Percepatan Pembangunan Desa Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menerima kunjungan Bupati Blora Arief Rohman di kantornya (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menerima kunjungan Bupati Blora Arief Rohman di Jakarta, Rabu 21 April 2021.

Dalam kesempatan itu, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengungkapkan, pembangunan desa harus dimulai dengan pemutaakhiran data berbasis SDGs Desa.

"Itu penting agar Bapak Bupati punya roadmap yang lebih detail tentang pembangunan di Kabupaten Blora berbasis data mikro tingkat desa, dan itu pasti valid dan akurat," kata Gus Menteri, sapaan akrabnya.

Menurut Gus Menteri, data yang diambil langsung dari level RT, keluarga, dan warga itu juga dapat membantu ketepatan intervensi bagi pemerintah maupun swasta yang ingin menyalurkan bantuan dan programnya terhadap warga desa.

Gus Menteri mengatakan, pihaknya mendukung gagasan Bupati Arief prihal percepatan pengentasan kemiskinan khususnya dibeberapa desa yang terletak di kawasan pinggiran hutan.

"Kita sudah berdiskusi banyak, Kemendes akan ikut menjadi bagian dari upaya itu. Tidak hanya Bapak Bupati, tapi juga Kemendes dan kementerian lainnya, bersama-sama kita akan upayakan agar percepatan pengentasan kemiskinan Kabupaten Blora bisa diujudkan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Gus Menteri meminta Bupati Blora agar mendorong pengembangan BUMDes dan Desa Wisata sembari menunggu grand desain yang sedang disusun. Harapannya dengan BUMDes dan Desa Wisata, pembangunan 271 Desa di Blora dapat dilakukan dengan cepat.

 

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait