Keren, Gus Menteri: Penyerapan Dana Desa 2020 Capai 99,95 Persen

| Jum'at, 23/04/2021 20:51 WIB
Keren, Gus Menteri: Penyerapan Dana Desa 2020 Capai 99,95 Persen Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Penyerapan dana desa tahun 2020 mencapai 99,95 persen dari total dana Rp71 Triliun. Hal ini menjadi capaian tertinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Tingginya penyerapan dana desa tahun 2020 tidak lepas dari kontribusi dana desa yang menjadi salah satu jaring pengaman sosial di masa pandemi covid-19," kata Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar atau Gus Menteri dalam keterangan persnya, Jumat 23 April 2021.

Menurut Gus Menteri, salah satu program yang mempengaruhi tingginya penyerapan anggaran tersebut adanya program jaring pengaman sosial seperti BLT Dana Desa yang diperintahkan Presiden Joko Widodo.

“Dikarenakan ada permasalahan pandemi covid 19, Pak Presiden mengambil kebijakan agar dana desa juga digunakan untuk salah satu jaring pengaman sosial yakni Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa,” ujarnya.

Menurutnya, sebelum terjadinya pandemi covid 19, satu poin jaring pengaman sosial yang dilakukan melalui dana desa adalah program Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Yang mana PKTD ini memberikan peluang kerja bagi masyarakat desa dengan kategori miskin, penganggur dan setengah penganggur, dan masyarakat marjinal lainnya.

Kemudian setelah pandemi covid 19 terjadi, lanjut Gus Menteri, kebijakan jaring pengaman sosial dari dana desa diperluas untuk jaring pengaman sosial lainnya yang disebut Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa.

“Dari situ kita bisa melihat bahwa pada prinsipnya, minimal ada dua jenis kegiatan di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi melalui dana desa yakni PKTD dan BLT Desa. Ada satu lagi yang sebenarnya masih terkait pengamanan sosial, yakni pemanfaatan dana desa untuk desa agar aman dari covid 19,” terangnya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait