Presiden Jokowi dan PM Vietnam Bahas Solusi Terbaik untuk Myanmar

| Jum'at, 23/04/2021 22:18 WIB
Presiden Jokowi dan PM Vietnam Bahas Solusi Terbaik untuk Myanmar Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Chinh (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Vietnam, Pham Minh Chinh mendorong agar ASEAN Leaders’ Meeting (ALM) dapat menghasilkan solusi terbaik bagi rakyat Myanmar.

“Kedua pemimpin berharap, pertemuan ALM besok dapat menghasilkan sebuah kesepakatan yang terbaik bagi rakyat Myanmar,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi usai mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan kedua pimpinan negara tersebut, Jumat 23 April 2021.

Menurut Menlu Retno, kedua pemimpin negara tersebut melakukan tukar pandangan mengenai situasi terakhir di Myanmar. Kedua pemimpin juga menyampaikan keprihatinan atas berlanjutnya kekerasan dan terus jatuhnya korban jiwa di negara tersebut.

“Posisi Indonesia terkait Myanmar dari sejak awal sudah sangat jelas, yaitu keselamatan dan kesejahteraan rakyat Myanmar menjadi prioritas," katanya dikutip laman setkab.

Menlu Retno menegaskan, kekerasan dan penggunaan senjata harus dihentikan sehingga korban tidak semakin bertambah, dan dialog inklusif harus segera dilakukan agar demokrasi, keamanan, perdamaian dan stabilitas dapat segera dikembalikan di Myanmar.

Selain itu, lanjut Retno, kedua pimpinan negara itu juga menekankan bahwa ALM ini semata-mata digelar untuk kepentingan rakyat Myanmar, “Kalau kita tengok ke belakang, ALM ini merupakan inisiatif Indonesia dan merupakan tindak lanjut pembicaraan antara Presiden Republik Indonesia dengan Sultan Brunei Darussalam selaku Ketua ASEAN,” jelasnya.

Dalam pertemuan bilateral itu, ungkap Retno, PM Vietnam Pham Minh Chinh menyampaikan apresiasi atas inisiasi Indonesia untuk menggelar pertemuan pemimpin ASEAN guna membahas dan menemukan solusi atas krisis yang terjadi di Myanmar ini.

“Vietnam menyampaikan apresiasi terhadap kepemimpinan Indonesia yang menginisiasi penyelenggaraan ASEAN Leaders’ Meeting (ALM) ini. Perdana Menteri Vietnam menyampaikan bahwa kekerasan harus segera dihentikan di Myanmar,” ungkap Menlu.

Tags : Presiden Jokowi , PM Vietnam , Myanmar , ASEAN