Kemenag: 5.752 Siswa Ikuti Seleksi Calon Mahasiswa Timur Tengah Tahun 2021

| Kamis, 29/04/2021 05:01 WIB
Kemenag: 5.752 Siswa Ikuti Seleksi Calon Mahasiswa Timur Tengah Tahun 2021 Gedung Kementerian Agama (foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama (Kemenag)i menggelar seleksi calon mahasiswa Timur Tengah tahun 2021. Total ada 5.752 siswa yang mengikuti seleksi untuk tujuan dua negara.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kemenag, Suyitno menjelaskan, 5.216 siswa mengambil pilihan ke Mesir,  536 siswa lainnya memilih untuk kuliah di Maroko. Pelaksanaan seleksi dikoordinasi oleh 15 Universitas Islam Negeri (UIN).

“Mereka akan berkompetisi untuk mengisi 20 kuota beasiswa di Al-Azhar, Mesir dan 30 kuota beasiswa AMCI (Agence Marocaine de Cooperation Internationale) Maroko. “Khusus Mesir, ada juga kesempatan untuk kuliah di Al Azhar dengan biaya mandiri atau non beasiswa. Untuk kuotanya akan ditetapkan oleh Kemenag berdasarkan hasil seleksi,” kata Suyitono dalam keterangan persnyanya, Rabu 28 April 2021.

Seleksi calon mahasiswa Timur Tengah akan dilakukan dalam dua tahap. Pertama, jelas Suyitno, seleksi tes tulis online dengan Computer Based Test (CBT) yang dilaksanakan dua hari, 28-29 April 2021. “Test online ini untuk menguji kemampuan Bahasa Arab,” ujar Suyitno.

Kedua, lanjutnya, seleksi wawancara yang akan dilaksankan secara online pada 3-5 Mei 2021. Hanya peserta yang memenuhi nilai pasing grade dengan score 65 yang dapat mengikuti tes wawancara tahap kedua.

“Semoga seleksi ini berjalan lancer dan akan menghasilkan input calon mahasiswa Timur Tengah yang excellence,  sehingga dapat lulus tepat waktu dan pulang ke Indonesia untuk memperkuat misi menebarkan Islam Rahmatan lil Alamin,” katanya.

Tags : Kemenag , Beasiswa Santri

Berita Terkait