Optimalkan Penggunaan Angkutan Massal, Kemenhub Perluas Penerapan BTS

| Kamis, 29/04/2021 08:01 WIB
Optimalkan Penggunaan Angkutan Massal, Kemenhub Perluas Penerapan BTS Menhub Budi Karya Sumadi (foto: dephubgoid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperluas penerapan program “Buy The Service” atau BTS ke Jabodetabek, dengan kota Bogor sebagai kota percontohan. 

“Kami berharap layanan ini dapat mengalihkan pergerakan orang dari yang semula menggunakan kendaraan pribadi ke angkutan umum massal di wilayah Jabodetabek, dengan Kota Bogor sebagai percontohan,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam keterangan persnya, Rabu 28 April 2021.

Menhub mengatakan, penerapan BTS di kawasan aglomerasi seperti Jabodetabek perlu dilakukan karena pergerakan masyarakat di wilayah tersebut sangat tinggi dan membutuhkan layanan transportasi publik yang baik.

“Indonesia memiliki beberapa wilayah aglomerasi perkotaan besar. Jabodetabek merupakan yang paling besar, dengan jumlah penduduk 33 juta jiwa, kebutuhan pergerakan masyarakat mencapai 88 juta setiap hari. Untuk itu diperlukan transportasi publik yang aman dan nyaman, agar pergerakan masyarakat bisa dilayani dengan baik,” tuturnya.

Lebih lanjut, Menhub menjelaskan, penerapan program BTS di kota Bogor harus dilakukan dengan cermat dan melibatkan para pemangku kepentingan terkait, agar jangkauan layanan transportasi publiknya bisa lebih luas lagi.

“Dengan penerapan program BTS ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan menurunnya polusi udara yang terjadi di Kota Bogor. Kemudian dari sisi biaya perjalanan juga menjadi lebih ekonomis,” jelasnya.

Tags : Kemenhub , BTS , Angkutan Massal