Gus Yaqut Minta Penyaluran Zakat Patuhi Protokol Kesehatan

| Selasa, 04/05/2021 16:42 WIB
Gus Yaqut Minta Penyaluran Zakat Patuhi Protokol Kesehatan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan agar penyaluran zakat yang dilakukan jangan sampai menimbulkan kerumunan.

"Pembagian zakat tidak boleh sampai membuat terjadinya kerumunan. Jangan sampai ada kejadian seperti tahun-tahun sebelumnya, di mana para mustahik berdesakan," ujar Menag Yaqut dalam keterangan persnya, Selasa 4 April 2021.

Gus Yaqut, sapaan akrabnya, memastikan penyaluran zakat akan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus covid-19.

"Jajaran Kementerian Agama akan memonitor dan memastikan pengumpulan dan penyaluran Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) dapat dilakukan melalui masjid atau musala dengan memperhatikan protokol kesehatan," kata Gus Yaqut.

Jajaran Kemenag, lanjut Gus Yaqut, juga akan memonitor dan berkoordinasi dengan para pengelola Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) untuk memaksimalkan pelayanan melalui electronic channel dengan membuka rekening pembayaran zakat dari muzaki (orang yang membayar zakat). 

"Jadi pembayaran zakat bisa dilakukan melalui electronic channel, sehingga muzaki tidak perlu datang secara fisik," tutupnya.

Tags : Menag , Gus Yaqut

Berita Terkait