Rukyatul Hilal, Kemenag Turunkan Ahli Falak di 88 Titik

| Selasa, 11/05/2021 18:03 WIB
Rukyatul Hilal, Kemenag Turunkan Ahli Falak di 88 Titik Kemenag melakukan rukyatul hilal untuk menentukan 1 syawal 1442 H (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) 1 Syawal 1442 H pada Selasa, 11 Mei 2021 petang ini.

Sidang yang akan dipimpin oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas ini akan didahului oleh Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Kepala Subdit Hisab Rukyat dan Syariah Ismail Fahmi mengatakan, Kemenag telah menetapkan 88 lokasi titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia.

”Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain, di daerah setempat,” ujar Ismail, Selasa 11 Mei 2021.

Hasil rukyatul hilal yang dilakukan ini selanjutnya akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan Sidang Isbat Awal Syawal 1442 H. Titik-titk rukyatul hilal dilakukan mulai dari provinsi Aceh hingga Papua.

Tags : Hilal , Lebaran , idul fitri

Berita Terkait