Satgas COVID-19 Terus Optimalkan Posko PPKM Mikro

| Selasa, 08/06/2021 20:52 WIB
Satgas COVID-19 Terus Optimalkan Posko PPKM Mikro Ganip Warsito (Kepala BNPB/Ketua Satgas Penanganan COVID-19). (Foto: twitter @BNPB_Indonesia)

RADARBANGSA.COM - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Ganip Warsito menyampaikan bahwa pihaknya akan fokus melakukan pembenahan dalam implementasi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro) sebagai bagian dari upaya penanganan pandemi COVID-19. Menurutnya, sejumlah pembenahan harus dilakukan agar penanganan COVID-19 dapat berjalan maksimal.

“Fokus pada pembenahan perbaikan manajemen di lapangan, yang saya maksud di sini adalah mulai dari hulu sampai dengan hilirnya. Kita akan benahi manajemen yang ada di PPKM Mikro, khususnya terkait dengan fungsi dari posko PPKM Mikro,” ujarnya dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas Penanganan Pandemi COVID-19 yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Jakarta, Senin, 7 Juni 2021.

Terkait fungsi posko PPKM Mikro, jelas Ganip, pihaknya akan mengoptimalkan empat aspek yang ada, yakni pencegahan, penindakan atau penanganan, pembinaan, serta aspek dukungan. Lonjakan kasus disejumlah daerah, tutur Kepala BNPB itu, sebagai akibat lemahnya manajemen lapangan di tingkat PPKM Mikro.

“Oleh karenanya, posko atau fungsi posko PPKM Mikro ini akan terus kita berdayakan, kita optimalkan, paling tidak untuk melakukan tugasnya memonitor dan mengevaluasi data kasus daerah dan menyusun strategi penanganannya,” tuturnya seperti dilansir dari laman resmi Setkab RI, Selasa, 8 Juni 2021.

Ganip memaparkan, strategi yang dilakukan dalam penanganan COVID-19 di antaranya adalah dengan melakukan pendampingan dari tingkat mikro hingga pemerintah daerah, penambahan personel baik untuk penegakan disiplin protokol kesehatan maupun mendukung tenaga kesehatan, serta memberikan dukungan sarana dan prasarana.

“Strategi berikutnya, kita mengefektifkan lagi tentang kolaborasi pentahelix, terutama yang terkait dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, karena spesifikasi daerah kita ketokohan seseorang ini yang menjadi penentu dalam konteks nanti untuk edukasi dan sosialisasi terhadap disiplin protokol kesehatan ini,” ujarnya.

Ganip menekankan, pemerintah pusat melalui Satgas Penanganan COVID-19, Kementerian Kesehatan, dan kementerian terkait lainnya akan terus memberikan dukungan kepada pemerintah daerah dalam rangka menekan lonjakan kasus COVID-19.

Tags : Satgas , PPKM Mikro , BNPB , COVID-19 , Indonesia